Rabu, 07 Januari 2015

MARS PGSD UNS

Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS Surakarta Membangun karakter dan kepribadian Generasi bangsaku Berpedoman pada Tri Dharma Pendidikan Berjiwa Pancasila Semangat dan tak kenal putus asa Untuk membangun bangsa Reff PGSD UNS Kiprahkanlah prestasimu Berbakti dan mengabdi Membangun negri Teguhkanlah langkahmu Luhurkanlah namamu PGSD UNS Jayalah slalu... Back to Reff Jayalah slalu....Jayalah slalu....

MARS HIMA PGSD UNS

Kami Himpunan Mahasiswa PGSD FKIP UNS Berjuang, belajar dan berkarya Demi membangun bangsa Berkarakter kuat dan cerdas Semangat yang tak kenal lelah Mengukir sejuta prestasi Meraih mimpi-mimpi Reff:: Belajar berkarya menakhlukkan dunia Menggapai cita-cita mulia Majulah HIMAku kobarkan semangatmu Meraih puncak kejayaan Jayalah slalu HIMAku Teruslah berkarya HIMAku Majulah slalu HIMAku Meraih visi muliamu Back to reff

Kamis, 13 November 2014

Terima Kasih Ya Alloh

Untuk Ruchyan Intani : makasih buat postingan di sini http://sawoldayamant.blogspot.com/2012/11/kalo-soal-sahabatpart1.html#!/2012/11/kalo-soal-sahabatpart1.html . maaf aku baru sadar kamu sebegitunya cinta padaku hehehe :D . tetap jadi sahabatku ya Ntan, semoga sukses, semoga beruntung dalam setiap langkah yang kau pilih. kalau dulu kita belum memakai jilbab. nihh aku punya foto kita yang baru :)

Minggu, 22 Juni 2014

BIRRUL WALIDAIN

Hai pembaca. Birrul walidain itu “wajib” dilakukan oleh seorang anak kepada kedua orang tuanya ( sudah meninggal maupun masih hidup ). Semua itu sudha diatur dalam islam. Birrul walidain yang kita lakukan tidak hanya sebatas lahiriah, namun batiniah pun harus dilakukan. Menurut cerita Sahabat Rosul ibadah yang paling utama adalah : 1) Sholat tepat waktu 2) berbakti kepada orang tua 3) berjihad di jalanAlloh SWT. Nah, sudah tidak diragukan lagi sobat, mari kita berbakti kepada orang tua selagi masih ada. Prioritaskanlah kepada Ibu ya sobat. Berikut saya beri tau, manfaat dari birrul walidain ini : 1. Mendatangkan Rezeki Kalau kita berbakti kepada orang tua atas dasar ridho-Nya, sudah pasti sobat rezeki kita dilapangkan oleh Alloh SWT. Jangan sampai ya kita membuang-buang waktu untuk berbakti kepada orang tua. Orang yang menjumpai bapak ibunya sudah tua dan tidak pernah berbakti adalah orang yang merugi !. 2. Memudahkan pekerjaan kita atau keinginan kita. Kok bisa dengan berbakti kepada orang tua malah mempermudah pekerjaan kita? Bahkan bisa mempermudah trekabulnya keinginan kita. Ya karena doa orang tua itu dekat dengan Alloh SWT. Ridho Illahi adalah ridho orang tua. Apa yang menjadi keinginan kita jika kedua orang tua menyetujui dan mendukung sudah pasti akan didoakan oleh orang tua kita. Orang tua mana si yang tidak mau mendoakan anaknya ?  . So, tinggal tunggu apalagi. Hendaklah berbakti pada orang tuamu segera !! rajutlah hubungan orangtua-anak dengan baik, komunikasilah dengan baik, saling berbagi. Untuk lebih mantapnya berikut bberapa hal yang harus kita lakukan untuk birrul walidain : 1. Mencintai dan mentaati orang tua. Setelah kita mencintai Alloh SWT dan Rosul-Nya, orang yang patut kita cintai adalah orang tua kita. Merekalah yang membesarkan kita dengan cinta kasihnya, kelembutannya dan perjuangan yang tulus. Sudah sepantasnya kita mencintai dan mentaati mereka. 2. Menghormati, berbicaralah dengan baik, sopan. Tidak cukup hanya mentaati saja, namun kita harus menghormati mereka. Bertutur kata yang lembut, sikap yang hangat dan dekat dengan mereka juga perlu. 3. Menggembirakan hatinya. Usahakanlah kalian selalu membahagiakan kedua orang tua kalian atas perilaku kalian di manapun kalian berada. Buatlah mereka senang, buatlah mereka tersenyum. Karena melihat senyuman dari mereka sungguh menyejukan hati  . buatlah mereka bangga akan kalian. Berbuat baiklah. Eitss , ingat berbuat baik itu bukan hanya karena ingin membahagiakan ortu, tapi yang utama adalah berbuat baik karena ridho-Nya. 4. Mendoakan orangtua sepanjang waktu. Hai, masih hafal doa untuk kedua orang tua kan?? Nah bacalah doa itu setiap kalian selasai sholat fardu. Mendoakan kedua orang tua itu doanya akan mengalir terus sekalipun kalian jauh, atau sekalipun mereka sudah meninggal. 5. Bersabar untuk ketidakmampuan mereka. Kadang kala kalian emosi dengan keinginan atau permintaan kalian yang belum terpenuhi . Hei !! itu seperti anak kecil yang belum tahu. Setiap keadaan orangtua pasti berbeda-beda, mengertilah atas keadaannya. Bersabarlah, orangtua kalian tidak akan membiarkan keinginan kalian tidak tercapai. Satu lagi nih, kalau meminta sesuatu harus “ lihat kemampuan orang tua, rasional dan logis, tidak memaksa !!”. 6. Tidak mengungkit-ngungkit pemberian kita. Sekalipun kalian sering memberikan banyak uang, banyak barang kepada mereka untuk mengganti semua yang mereka berikan. Apapun yang kalian lakukan semuanya TIDAK SEBANDING dan TIDAK AKAN PERNAH TERBAYAR sakalipun kalian “menguliti kulit kalian untuk mereka”. 7. Tidak boleh membusungkan dada. Jangan merasa sombong jika sudah tahu banyak hal. Jika mereka salah benarkanlah dengan cara yang baik. Untuk kedua orang tuanya yang sudah meninggal harus tetap berbakti dengan cara : 1. Didoakan, karena doa anak sholeh/sholehah dapat meringankan siksanya. 2. Memohonkan ampun. 3. Melaksanakan janji-janjinya, termasuk membayar hutang mereka. 4. Memuliakan teman-temannya dan menjaga silaturahmi dengan teman-teman orang tua kita. Materi ini saya dapatkan dari Mbak Hanifah ketika AAI setiap hari jumat bersama kelompok AAI saya ( Mitha Yulia Sari, Nora Dwi Jayanti , Nadhifa Zahra Al-Khansa, Nita Nur Qoriah, Rahmawati Rahiim, Reny Atika Rahmawati, Nurul Hajjah Mabruroh, Maya Fatmalasari Fatimah, Khoirul Nisa ). –petewe-

Selasa, 06 Mei 2014

Bersabar untuk Hikmah

Bersabar untuk Hikmah Setiap manusia tentu saja memiliki problematika yang mungkin sulit dipecahkan. Seringkali kita mengeluh atas apa yang terjadi kepada kita, iya itu manusiawi. Tuhan menciptakan sebuah permasalahan bukan untuk kita meminta jalan keluar atas masalah itu namun untuk menetapkan hati kita agar selalu tawakal. Setiap problem yang kita alami, setidaknya ada makna yang tersirat di dalamnya. Makna yang sulit kita cerna, bahkan sulit untuk kita peroleh. Makna itu adalah “hikmah”. Tidak semua orang bisa mengambil hikmah atas apa yang terjadi padanya. Kadang seseorang menyadari hikmah itu dalam waktu yang lama, bahkan ada yang tidak mendapatkan (nauuuuzubillah). Bersyukurlah hambanya yang telah mendapatkan hikmah itu, apapun itu semoga selalu menjadi bahan acuan untuk meningkatkan kualitas diri, kualittas iman kepada-Nya. Maka, Tetapkanlah hati kita supaya selalu bertakwa, karena DIA-lah pemilik hati setiap umat, DIA-lah zat yang membolak-balikkan hati manusia. Alloh adalah pelindung bagi orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya. DIA-lah yang memberikan “ihdina, rahmat” kepada umatnya. Alloh memberikan teguran kepada umatnya atas kesalahan yang diperbuatnya, dan sudah sepantasnya kita memperbaiki diri, meningkatkan iman dan mengambil hikmah dari musibah. Bersabarlah, bertawakallah, berlindunglah kepada-Nya, ikhlaskanlah yang memang bukan ‘terbaik’ untuk kita. -petewe-

Jumat, 13 Desember 2013

1C PGSD UNS ANGKATAN TAHUN 2013

Kenalin nih calon ibu guru SD yang insyaAlloh Sholehah dan profesional semua. Aminn  Kami datang dari berbagai daerah, dan berkumpul di PGSD UNS tepatnya di kelas 1C. Langsung saja saya perkenalkan dari yang paling kiri : Barisan Ibu Guru yang belakang •Maryana , ini ibu guru berpostur tinggi langsing, mungkin dia kelebihan kalsium kali hehe . Enak buat kerja samadan teliti. •Mutia Dian Puspita, ini ibu guru yang cabi banget ! suaranya lembut deh, cocok banget jadi guru SD. •Reny Atika Rahmawati, ini ibu guru yang super deh. Tidak hanya di bidang akademik, tapi di bidang non akademik jos banget. •Nur Raida Fatati , ini ibu guru yang pendiam tapi aktif. Dia adalah malaikat pembawa berita baik kalau tidak jadi UK hehe. •Rahmawati Rahim , ini ibu guru yang pendiam tapi idenya cemerlang. •Nur Isni Purwinanti, lihat dia pake kacamata hitam. Keren kan? Hehhee. Ini ibu guru yang lucu, enak buat kerjasama dan sabar. •Maya Al Fatah, sungguh dia ibu guru yang penuh dengan humor. Segala hal yang dia katakan saya tidak paham kalau bicara dengan bahasanya, tapi dia rajin. •Nita Nur Qori’ah, ini ibu guru yang berangkatnya paling gasik, rajin sekali dia. •Mitha Yulia Sari, ini ibu guru yang selalu aktif, dari Jakarta bro. Koleksi novelnya banyak, pandai membuat cerita, dan sholehah "InsyaAlloh". •Lina Nur Fitriana, ini ibu guru yang manis ,enak buat kerja sama dan humoris. Dia dari Jawa Timur loh. •Margareta Suryandani, ini ibu guru yang kritis dengan kata-kata, rajin, dan asyik. •Miftachul Jannah, ini ibu guru yang gaul, asyik, sukanya bawa makanan. Dan asik buat kerjasama. •Nur Laila Mubarokah , ini ibu guru pendiam tapi asyik. Sukanya bantu-bantu, asyik buat kerjasama. •Nisa Romadhoni, ini ibu guru yang pandai bercerita, kritis dan asyik buat becanda. •Riana Resti , ini ibu guru ngapak yang pendiam, tapi asyik juga buat becanda dan bekerjasama. •Nora Dwi Jayanti , ini ibu guru yang kelebihan kalsium juga. Dia asyik buat kerja sama dan juga ibu guru yang sabar. •Novia Eka Sari, ini ibu guru yang pinter banget nyanyi. Sekali mendengarkan suaranya pasti ketagihan, asyik juga anaknya. •Rahmatia Kurnia Fatiha, ini adalah ibu guru ngapak, dia kelebihan kalsium. Dia asyik banget buat becanda. Barisan Ibu Guru yang depan •Nurul Annisa Safitri, ini ibu guru yang sabar, rajin dan cermat. Dia senang banget dengan anak-anak SD. •Nia Octavia, ini ibu guru yang rajin, suka menolong, asik buat becanda dan bekerja sama. •Novia Diah, ini ibu guru yang imut lucu, pendiam. Orangnya santai tapi tercapai targetnya. •Puput Tri Widiastuti, ini saya. Jadi No comment saja  •Khoirul Nisa, ini ibu guru yaang imut, enak buat becanda dan bekerjasama. Dia ibu guru gaul juga. •Restu Yuniastuti, ini ibu guru yang lucu banget, asyik buat becanda dan bekerjasama, rajin pula. •Nadhifa Zahra Al Khansa, ini ibu guru yang tegas, rajin, siap sedia, dan partner kerjasama yang bagus. •Maya Fatmalasari, ini ibu guru yang kekurangan lemak. Tapi manis, suka bikin ketawa dan baik. •Nurhayu Ikaratri, ini ibu guru manis, baik, enak buat bekerja sama dan berteman. •Nurul Hajjah Mabruroh, ini ibu guru yang sholehah, pendiem dan aktif. Baik lagi. Mungkin ini hanya sebagian kecil dari kelebihan kalian kawan, tapi kalau ak sebut satu-satu tentu itu terlalu banyak, intinya aku bangga memiliki sahabat seperti kalian 

Sabtu, 02 November 2013

segores cerita ajaib saat aku SD

Hai teman SD ku. Kalian sangat-sangat merasuk ke relung hatiku. Berbagai kisah yang telah kita goreskan ke kertas putih pada masa-masa sekolah di SD dulu. Aku ingat sekali bagaimana cara kalian selalu meminta bantuan kepadaku untuk belajar bersama. Aku ingat sekali saat aku berusaha menjahili kalian. Bahkan kita selalu melakukan misi-misi dengan sejuta keajaiban ,yang mungkin semua anak SD sekarang tidak memiliki misi ajaib itu. Kita selalu menyusun strategi jitu untuk menjalankan misi itu. Kita saling kerja sama, apapun keadaan kita. Bahkan yang paling aku ingat kita selalu menjalanklan misi itu diatas normal. Aahhh rasanya susah ak ungkapkan. Begitu banyak petualangan kita dulu kawan. Dari yang mulai mencoba menjelajah sungai-sungai hanya untuk mencuci kaki setelah olahraga, jalan pulang melalui terobosan rahasia kita, melakukan petualangan di sawah. Bahkan kadang kita iseng-iseng sok jadi wartawan kepada petani-petani. Hal yang ekstrim adalah saat kita di sawah bertemu dengan ular yang siap mematok kami dan teman kita jatuh. Ahh rasanyaa semua masa-masa itu ingin aku ulang lagi. Waktu 6 tahun itu sungguh tak terasa, kadang aku ingin merengkuh waktu itu kembali. Ingin ku rasakan kehangatan bersama kalian seperti dulu. Semua tingkah-tingkah lucu, lugu dan mencoba-coba sesuatu yang baru. Masak-masak bersama, kadang hanya bermain untuk menghabiskan makanan temen, bahkan geng kelas kita dulu sangat dipercaya memimpin senam, dan membantu masak bapak ibu guru. Dulu iseng-iseng kita menjahili pak rasmun yang sedang mencuci, dengan pancuran airnya kita off on kan. Belum lagi iseng-iseng kita menyembunyikan buah pentengan hehehehehe. Kadang kita meminta orang disawah memanjat pohon ,dan kita malah mencari ikan hehehehe. Kita sering bermain ditemani kendaraan elit kita, yaitu naik sepeda bahkan sampai kehujanan. Ahh hujan itu bukan penghalang kami, kami bisa memotong pelepah pisang atau pelepah pohon lain dan menuntun sepeda kita. Yang aku tahu dulu kita selalu bersama dan sekarang kita terpisah. Dulu aku belum begitu merasakan rasa kehilangan itu. Memang benar terkadang kita merasa memiliki sesuatu yang telah hilang dari kita. Aku juga merasa kehilangan guru-guru yang selalu memotivasi kita, guru-guru yang inovatif , baik, pengertian dan displin. Saking disiplinnya bu guru wali kelas kita dulu, kelas kita jadi kelas yang paling rajin. Semangat bekerja sama dan nilainya pun pada meningkat. Dari diri beliaulah aku ingin menjadi seorang guru. Hehehehe.. Ohh yaa, Aku ingat sekali dengan misi kita yang terakhir, membanti teman kita untuk melanjutkan sekolah. Konyol bukan??? Kita selalu memberi motivasi kepada teman kita itu, sampai wali kelas datang ke rumahnya. Tapi sayang misi itu tidak berhasil. Apalah daya itu kehendak orang tuanya, padahal nilainya juga lumayan. Ahhh rasanya menembus dimensi waktu hampir 7 tahun yang lalu sangatlah susah. Kini aku merasakan rindu dan kangen dengan kalian. Kebersamaan dengan kalian aku rindukan. Terakhir kita bertemu kita bersama-sama menghadiri pernikahan sahabat kita. Kita jalan bersama berjanda dan iseng-iseng foto bareng.Aku merasa wajah kita yang dulu dan sekarang beda ya?? Hahahhahahaha. Sempat aku bercanda habis ini siapa yang akan menyusul buat nikah. Ya kita berpisah karena tujuan kita masing-masing. Maafkan aku teman, maafkan aku yang mungkin sekarang tidak bisa menghadiri acara pernikahan kalian atau sekadar menjenguk kalian di sana. Terima kasih pula untuk kalian yang memberikanku dukungan dan doa sebelum aku pergi jauh dari kalian. Terima kasih atas semangat kalian yang satu persatu datang sebelum aku menuntut ilmu di sini. Terima kasih juga atas kesediaan kalian menjadi sahabatku selama ini. Semoga kalian bisa sukses dengan pilihan yang telah kalian tentukan, salam sayang selalu dari sahabatmu di Solo puput